Rabu, 16 Maret 2011

CONTOH SINOPSIS

 LEGENDA DANAU TOBA
Pada zaman dahulu hiduplah seorang pemuda tani yatim di bagian utara pulau Sumatra.Pada suatu hari ia mendurung ikan akan tetapi hingga siang hari ia tidak mendapatkan ikan satupun. Maka dia pun bergegas pulang karena hari pun mulai larut malam, namun ketika ia hendak pulang ia melihat seekor Ikan yang besar dan indah , warnanya kuning emas. Ia pun menangkap ikan itu dan dengan segera ia membawa pulang ikan tersebut, sesampainya di rumah karena sangat lapar maka ia hendak memasak Ikan itu tetapi karena indahnya ikan itu.

                Ia pun mengurungkan niat tersebut dan menaruh ikan tersebut di sebuah wadah besar dan memberinya makan.Keesokkannya ia pun pergi ke ladang hingga siang hari lalu dia kembali ke rumah dengan niat niat untuk makan akan tetapi sesampainya dirumah ia terkejut bahwa di meja makannya sudah tersedia makanan yang enak dan lezat,ia pun sebetulnya heran siapa yang menyiapkan makanan dan ia pun teringat akan ikan besar nan indah yang di tangkapnya kemarin ia khawatir ikan itu hilang. Ternyata ikan tersebut masih berada di tempatnya, lama ia berpikir siapa yang melakukan semua itu, tetapi karena perutnya sudah lapar , akhirnya ia pun menyantap dengan lahapnya masakan tersebut.
                Hari pun bergulir dan hal tersebut terjadi lagi,maka akhirnya ia memutuskan untuk mencari tahu siapakah gerangan yang telah menyiapkan makanan untuknya.Pada hari itu ia keluar rumah dan bersembunyi dibalik pohon dan menunggu kebulan asap membumbung ke langit.Karena lama menunggu akhirnya ia bosan dan memutuskan untuk kembali kerumah akan tetapi tiba-tiba terlihat kepulan asap membumbung tinggi diatas rumahnya,lalu ia mengendap ngendip ke belakang rumahnya untuk mengetahui siapa gerangan tersebut.
                Alangkah terkejut ia melihat seorang wanita yang selama ini melakukan hal itu dan ia pun melihat ikannya sudah tidak ada dan pemuda itu menyangka wanita tersebut telah mengambilnya ,dan akhirnya ia(wanita) memberitahu bahwa ia adalah ikan yang ditangkapnya kemarin.Dan lalu Pemuda tersebut mengajak wanita tersebut menikah tetapi wanita tersebut membuat perjanjian apabila mereka memiliki seorang anak maka jangalah engkau katakan anak tersebut “anak ikan”
                Tahun silih berganti lalu mereka memiliki anak .Pada suatu hari ia menyuruh anaknya untuk mengantarkan makanan ke ayahnya yang sedang bekerja di ladang akan tetapi saat diperjalanan anak tersebut merasa lapar dan memakan makanan untuk ayahnya.Sesampainya disana ayahnya terkejut makanannya telah habis dan anaknya mengaku bahwa ia yang memakannya lalu sang ayah mengatakan benarlah kau anak ikan.
                Dengan hati yang sedih sang anak pulang dan menceritakan hal tersebut ke ibunya.Dengan sedih sang ibu berkata dalam hati “engkau telah melanggar syaratku maka aku harus kembali ke alamku”
                Langit pun gelap,petir pun menyambar lalu mereka berdua raib dan dari bekas tempat mereka berdiri keluarlah air yang banyak sederas derasnya. hingga daerah tersebut terbentuk sebuah Danau, yang Diberi nama Danau TUBA yang berarti danau tak tau belas kasih ,tetapi karena orang batak susah mengatakan TUBA, maka danau tersebut terbiasa disebut dengan DANAU TOBA..

0 komentar:

Posting Komentar